Friday 5 September 2014

0 7 LAPIS KESADARAN

 7 LAPIS KESADARAN



Bagi orang-orang yang masih menjalani hidup dalam aliran waktu, kesadaran lahir melalui proses. saya rumuskan 7 lapis kesadaran yang merupakan tahapan proses menuju lahirnya kesadaran sejati. Lapisan kesadaran ini tidak selalu dialami secara berurutan. Bahkan anda juga bisa membuat tabel lapisan kesadaran versi anda sendiri.



Kesadaran Lapis 1

Pada lapisan kesadaran ini seseorang masih membedakan segala sesuatu sesuai dengan anggapannya sendiri. Contohnya: makanan yang enak dan warna yang bagus.



Kesadaran Lapis 2

Pada lapisan kesadaran ini seseorang sudah mulai meningkat kesadarannya. Ia mulai menyadari bahwa di dunia ini tidak ada makanan yang rasanya enak atau baju yang warnanya bagus. Rasa makanan yang ada hanyalah asin, manis, asam, pedas, pahit, dan semacamnya. Warna baju yang ada hanyalah merah, putih, hijau, biru, kuning, oranye, dan semacamnya.



Kesadaran Lapis 3

Pada lapisan kesadaran ini seseorang sudah bisa menyadari bahwa tidak ada rasa manis yang sejati dan tidak ada warna hijau yang sejati. Manisnya buah jeruk berbeda dengan manisnya buah mangga. Warna hijau daun pohon pisang tidak sama dengan warna hijau daun pohon rambutan.



Kesadaran Lapis 4

Pada lapisan kesadaran ini seseorang sudah bisa menyadari bahwa alam mimpi yang dilihat dalam tidurnya dan alam nyata yang dilihat saat bangun, kedua-duanya hanyalah proyeksi dari cara kerja otaknya sendiri. Ternyata selama ini dirinya tidak pernah melihat dunia yang ada di depan matanya, atau merasakan masakan yang dikunyah oleh mulutnya.



Kesadaran Lapis 5

Pada lapisan kesadaran ini seseorang sudah bisa menyadari bahwa dirinya tidak benar-benar ada, melainkan hanya konsep diri yang ada di dalam pikirannya sendiri.



Kesadaran Lapis 6

Pada lapisan kesadaran ini seseorang merasa sangat bingung dan tidak tau lagi bagaimana caranya menjalani hidup yang benar.



Kesadaran Lapis 7

Pada lapisan kesadaran ini lahirlah kesadaran sejati.

0 comments:

Post a Comment