Monday 11 July 2016

0 Lalu siapakah Aku ini?

 Lalu siapakah Aku ini?



Kata "Aku" adalah kata yg paling sering kita gunakan, kata "Aku" adalah mewakili kesalahan sekaligus kebenaran terdalam, tergantung bagaimana ia digunakan.
Kata "Aku" adalah kata yg paling 'menyesatkan', dalam penggunaan sehari2 kata "Aku" mewakili kesalahan fundamental mengenai siapa kita sesungguhnya dan rasa khayalan mengenai identitas kita. Itulah Albert Einstein mengatakan sebagai "kesalahan ilusi optik atas kesadaran"

Diri khayalan itu kemudian mjd bahan dasar dari interpretasi selanjutnya, atau interpretasi salah dlm realitas. Bagaimana kita bisa mengenali realitas bila kita sendiri salah menilai siapa adanya diri kita ini. Semua proses berpikir, berinteraksi mjd salah krn interpretasi dasarnya salah. Dg kata lain realitas kita mjd refleksi ilusi kita. Atau bagaimana seseorang dikatakan melakukan tindakan mulia, bila interpretasi siapa dirinya pun salah, yg demikian dlm bhs Jawa dikatakan sebagai 'ngelindur'.

Namun dg menyadari ilusi sbg ilusi, maka ilusi tsb akan larut, pengenalan akan ilusi mjdkan ilusi tsb berakhir. Dalam penglihatan apa yg bkn diri kita menjadikan kenyataan akan Diri kita yg sejati muncul dg sendirinya.




Semarang 12 juli 2016
Mahasiswa Teknik Informatika
Mahindra Suryaning Praja

0 comments:

Post a Comment