Thursday 29 October 2015

0 Dualitas

Dualitas


Suka dan duka.
Kaya dan miskin.
Berkembang dan menyempit.
Ceria dan bermuram durja.
Siang dan malam.
Semangat dan loyo.
Rajin dan malas.
Semua itu adalah dualitas dalam kehidupan di Bumi yang sudah, sedang dan akan selalu ada. Karena pola dualitas adalah salah satu hukum Alam Semesta. Dualitas positive dan negative, maskulin dan feminin akan selalu ada sebagai penopang permainan tuhan.
Mau pengalaman suka ataukah pengalaman duka, jiwa manusia yang mengenal dirinya bisa memilih. Memilih untuk mengalami pengalaman suka, ataupun memilih untuk mengalami pengalaman duka. Banyak metode yang diberikan Para Bijak, banyak cara yang diberikan Para Guru, supaya manusia bisa mengalami pengalaman yang dia kehendaki. Tinggal si manusia mau berusaha melakukan, atau hanya berserah diri terbelenggu pikiran dan emosi.
Suka, Kaya, Berkembang, Ceria, Siang, Semangat dan Rajin ada di satu sisi yang sama. Dukha, miskin, menyempit, bermuram durja, malam, loyo dan malas di satu sisi yang lainnya. Menjadi ceria, berkembang, semangat, rajin maka secara otomatis jiwa akan mengalami pengalaman kaya, seperti cerahnya siang hari, sehingga mengalami pengalaman Suka.
Menjadi bermuram durja, menyempit, loyo, malas maka secara otomatis jiwa akan mengalami miskin, seperti sepinya malam, sehingga mengalami pengalaman dukha. Pilihlah pengalaman hidup yang ingin kita alami, supaya hidup menjadi berarti. Sehingga manusia menjadi benar benar manusiawi.

0 comments:

Post a Comment