Monday 17 March 2014

0 Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Proses Budidaya Ikan Lele

budidaya-ikan-lele 


Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Proses Budidaya Ikan Lele. Ikan lele merupakan salah satu agrobisnis yang banyak digeluti saat ini. Permintaan akan ikan lele semakin meningkat tajam karena masyarakat sudah sangat menyukai ikan dengan tekstur daging ikan yang halus ini. Protein yang cukup tinggi dalam ikan lele membuat orang ketagihan untuk mengkonsumsinya. Membudidayakan ikan lele memang susah- susah gampang. Anda harus telaten dalam merawat ikan lele ini, jika tidak ikan tidak akan bisa berkembang biak secara maksimal.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Proses Budidaya Ikan Lele

Berikut ada beberapa cara yang bisa anda lakukan jika anda ingin memulai bisnis budidaya ikan lele:
1. Pengairan kolam
Untuk menghasilkan ikan lele yang maksimal, anda harus memperhatikan bagian yang satu ini yaitu kolam ikan. Kolam lele tidak harus besar dan bersih karena lele lebih menyukai air yang keruh oleh karena itu jangan sering- sering mengganti air kolam tersebut. kolam lele bisa menggunakan kolam yang dilapisi dengan terpal sehingga anda tidak perlu menambah biaya untuk membuat kolam lele yang bagus. Jika air yang digunakan terlalu bersih, lele justru tidakakan bisa berkembang biak dengan baik.
2. Memilih bibit ikan lele
Ikan lele yang akan anda pelihara haruslah dari bibit yang kualitasnya baik sehingga akan menghasilkan ikan- ikan lele yang baik pula. Pastikan bahwa ikan lele yang anda pilih benar- benar sehat dan juga bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Banyak para peternak lele ini kurang memperhatikan kualitas dari bibit lele yang kan diternakan sehingga hasil yang didapatkan oleh peternak tersebut tidak maksimal.
3. Memberi makan yang rutin
Lele merupakan hewan yang cukup rakus dan bisa memakan apa saja. Anda bisa memberi makan ikan lele secara rutin 2 kali sehari, hal ini dilakukan agar lele tidak terlalu banyak makan yang bisa menyebabkan kematian mendadak selain itu juga untuk menghindari kanibalisme antar lele.
4. Berikan makanan tambahan atau vitamin
Pemberian nutrisi dan vitamin bagi lele sangat penting karena selain bisa menghindari lele terserang penyakit juga bisa menjaga agar tubuh lele tersebut tidak berbeda dalam perkembangannya.

0 comments:

Post a Comment